Yakin 100% Dengan Vendor Jas Anda? Tips Ini Bisa Membantu

Dari artikel – artikel sebelumnya yang kami publish di website ini, tampak semakin jelas bahwa: Menciptakan sebuah karya adibusana pria yang sempurna untuk pesta pernikahan Anda, bukanlah hal yang sederhana. Diperlukan seorang Master Tailor yang mumpuni dan sekaligus seorang Fashion Designer yang berpengalaman.

Menurut pengalaman kami, untuk menciptakan adibusana pria yang benar – benar bermutu & sesuai dengan karakter pemakainya bukanlah hal yang mudah. Mengapa? karena di satu sisi, pria akan kehilangan kesan “mantap & mapan” bahkan tampak feminim bila menggunakan design yang terlalu “heboh”, tetapi di lain pihak pria juga ingin tampil modis & fashionable.

Maka sungguh diperlukan porsi yang “pas” dalam merancang adibusana pria. Sang Master Tailor harus benar – benar menghayati karakter seorang pria. Inilah sebabnya Rumah Mode Ventlee mengkhususkan diri membuat busana pria, tidak membuat busana wanita (seperti jas wanita dll).

Sebagai seorang seniman tailor sekaligus anggota Perhimpunan Tailor Indonesia (Indonesian Master Tailor), Asia (FAMT), bahkan Dunia (World Association Of Master Tailor) yang selalu berusaha mendorong perkembangan dunia tailor , kami sangat bangga & senang dengan berkembangnya industri tailor khususnya di kota – kota besar di Indonesia.

Tetapi di sisi lain, kami juga prihatin, karena banyak dari pebisnis tailor di indonesia tidak benar-benar mengembangkan dunia tailor , tetapi lebih sekedar “mencari keuntungan finansial” dari bisnis tailor semata.

Hal ini juga membingungkan banyak calon customer, karena semua tailor seolah berlomba – lomba mempromosikan dirinya sebagai tailor profesional, apalagi dengan maraknya berbagai pameran produk pendukung pesta perkawinan yang sering digelar dewasa ini.

Di satu sisi, calon customer diuntungkan karena banyaknya pilihan dan “benefit” yang ditawarkan, tetapi di lain pihak sebetulnya calon customer menjadi bingung & berada dalam bahaya “salah pilih”.

Kami menuliskan artikel ini, bukan semata – mata agar anda memutuskan Ventlee sebagai vendor pilihan untuk jas pengantin Anda, tetapi agar wawasan Anda lebih terbuka untuk akhirnya Anda dapat memutuskan pilihan terbaik untuk jas pengantin Anda.

Dan sebagai seniman tailor, kami ikut bangga ketika jas yang anda kenakan berkualitas, hasil karya Master Tailor siapapun vendor yang akhirnya anda pilih.

Banyak faktor yang sebetulnya dapat anda pakai sebagai barometer, sejauh mana kualifikasi Master Tailor yang sedang anda pertimbangkan.

Ada beberapa hal penting yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih vendor jas, antara lain:
1. Produk Jas Yang Sudah Jadi: Tentu cara yang paling pertama & kasat mata adalah dengan melihat langsung hasil jas dari sebuah tailor (biasanya dipajang di dalam showroom) yang sesuai dengan kriteria mutu jas yang baik (seperti pada artikel terdahulu), baik itu dari segi Cutting, Jahitan, Bahan, maupun Style (karakter design)-nya.

2. Pelayanan yang diberikan: Apakah Master Tailor itu cukup detail dalam menggali & membantu Anda menentukan tipe jas yang paling cocok dengan Kebutuhan, Postur & Karakter Anda.

3. Kualifikasi Master Tailor Dalam Teknik Tailoring: Tentu Anda tidak dapat mengujinya secara langsung, tetapi Anda bisa melihat dari Pengalaman, Prestasi, Integritas, Pengakuan Dunia Tailor & “Jam Terbang” nya.

Seorang Master Tailor sesungguhnya adalah seorang seniman & seorang seniman yang baik selalu memiliki idealisme, tidak melulu masalah uang.

Seorang seniman yang baik selalu ingin menghasilkan karya terbaik, tidak sekedar menuruti keinginan pelanggan. Apabila permintaan pelanggan itu tidak tepat, maka ia akan berusaha memberi pencerahan yang lebih tepat.

Seorang seniman yang baik tidak akan menjanjikan sesuatu yang tidak mungkin dibuatnya hanya untuk “merayu” pelanggannya, tapi akan memberikan yang terbaik meskipun mungkin tidak diminta oleh pelanggannya.

Seorang seniman yang baik selalu menyatu dengan karyanya, sehingga karya nya selalu punya “jiwa”.

Semakin seorang Master Tailor mencintai dunianya, semakin dia tidak akan pernah berhenti belajar. Maka amati saja kapan terakhir kali dia terlibat dalam event – event dunia tailoring baik skala nasional maupun internasional.

4. Kualifikasi Designer Baju Pria: Seorang perancang busana yang handal akan selalu menggali informasi yang lengkap dari pelanggannya. Sekali lagi seorang designer adalah seorang seniman.

Maka dia akan berusaha untuk menghasilkan rancangan terbaik, meskipun kadang lebih rumit (dengan istilah populer “mau repot”).

Seorang designer profesional selalu memiliki statement yang jelas dalam setiap karyanya, bukan sekedar “mencontek” dari yang sudah ada. Ia akan tidak nyaman bila harus mengikuti gaya designer lain yang tidak sejiwa dengannya.

Seorang designer yang mumpuni mempunyai daya cipta yang tidak sekedar mengikuti “apa yang sudah ada”. Inilah sebabnya seorang designer yang profesional selalu merasa perlu menggelar rancangannya dalam suatu fashion show, terutama fashion show tahunan untuk menampilkan trend garis rancangannya selama setahun kedepan (kalau di eropa, malah diperlukan paling tidak 2 kali setahun, untuk menggelar rancangan untuk 4 musim).

5. Testimoni Dari Pelanggan – Pelanggan Terdahulu: testimonial apalagi rekomendasi dari pelanggan-pelanggan sebelumnya bisa digunakan sebagai salah satu barometer, tidak saja “termakan” dengan promosi sepihak dari perusahaan tailor tersebut.

6. Reputasi & Prestasi Sang Master Tailor: Reputasi & prestasi dari seorang Master Tailor juga merupakan bahan rujukan yang obyektif, karena reputasi & prestasi ini merupakan pengakuan dari para ahli tailor yang tentu jauh lebih berpengalaman dari pada calon customer.

7. Company Profile: Bila Anda bisa mendapatkan informasi mengenai company profile dari perusahaan tailor yang sedang Anda pertimbangkan, tentu akan jauh lebih baik, seperti: Sejak kapan tailor berdiri (karena pengalaman tailor sangat penting), bagaimana standard management-nya, dll.

8. Datang Langsung Di Showroom / Boutique Yang Bersangkutan: Karena semua informasi diatas hanya bisa Anda “alami” secara langsung bila Anda berkesempatan berkunjung ke boutique yang bersangkutan.

Barulah setelah Anda mendapat gambaran yang menyeluruh tentang hal – hal diatas, Anda akan lebih mudah menentukan pilihan yang tepat sesuai budget Anda.

Ingat : “Sesuatu yang berharga rendah belum tentu berarti murah, sebaliknya sesuatu yang berharga sedikit tinggi belum tentu berarti mahal”

Semoga dengan beberapa tips diatas, Anda tidak bingung lagi dalam menentukan vendor jas yang paling cocok dengan keperluan & budget Anda. Salam, Vincent Lee.

myadmin
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments