Mengenal Tipe LAPEL Pada Jas & Manfaatnya Untuk Anda

Lapel adalah salah satu bagian dari sebuah jas yang cukup mempengaruhi penampilan dan gaya anda ketika menggunakan jas.

Seperti yang tertera pada gambar diatas, lapel diibaratkan seperti kerah pada sebuah kemeja, maka lapel bisa dikatakan kerah dari sebuah jas / kerah jas.

Letak lapel mengelilingi leher si pemakai, turun ke bawah sampai di titik pertemuan kedua sisi jas, biasanya pada kancing jas bagian atas.

Lapel ini terdiri dari 3 elemen, yaitu:
1. Lebar Lapel / Lapel Width
2. Lipatan Lapel / Lapel roll
3. Tipe lapel / Lapel Type

Dari ketiga elemen diatas, elemen no 3 (tipe lapel) menjadi elemen yang paling penting untuk anda ketahui karena tipe lapel mempengaruhi bagaimana penampilan seseorang, karakter dari orang tersebut dan juga acara – acara seperti apa yang cocok untuk setiap jenis lapel jas tersebut.

Oleh karena itu, kami akan membahas tipe lapel ini untuk anda sehingga anda menjadi jelas akan perbedaan dan fungsinya untuk si pemakai.

1. Notch Lapel (sering juga disebut “stepped” lapel)
Yang dimaksud dengan “notch” adalah lekukan terbuka ke arah samping, yang dimulai dari kerah bagian bawah yang bertemu dengan lapel bagian atas, dan biasanya membentuk sudut 75 – 90 derajat. Lapel notch ini adalah tipe lapel yang paling banyak anda lihat pada kebanyakan jas pada umumnya. Lapel ini seringkali dijumpai pada tipe jas yang “single breasted”, dan tidak direkomendasikan untuk jas yang “double breast” karena tidak sesuai dengan rules nya. Apabila anda hanya memiliki 1 jas saja, kami sangat menyarankan anda membuat jas dengan tipe lapel notch ini.

Sekedar informasi tambahan, bahwa ada istilah untuk lapel yang lebih tipis, yang dinamakan “Slim notch” dimana tipe lapel slim ini biasanya dibuat untuk orang – orang yang postur tubuhnya cenderung lebih kurus / langsing.

Notch lapel cocok digunakan untuk hampir semua acara, baik itu acara semiformal atau formal seperti acara kantoran, bisnis, interview & juga wedding.

Biasanya mereka memilih lapel ini untuk jas wedding, dikarenakan jas dengan tipe lapel ini dapat digunakan lagi untuk acara – acara semi formal lainnya seperti kantor / bisnis setelah mereka menggunakannya untuk acara wedding (value for money).

2. Peak Lapel (sering disebut pointed lapel)
Lapel ini adalah tipe lapel yang paling formal dari semua lapel yang ada, dan awalnya lapel ini digunakan pada jas tipe “tailcoat” atau jas yang bentuk belakangnya seperti ekor. Lapel peak menandakan model jas yang lebih fashionable dibanding notch lapel & dari sisi produksinya, lapel ini paling sulit pembuatannya dibandingkan jenis lapel lainnya.

Slim peak adalah istilah untuk peak lapel yang lebih slim, sama seperti istilah slim notch diatas.

Peak lapel cocok digunakan untuk acara wedding, makan malam resmi & black tie events. Umumnya digunakan untuk acara – acara yang terkesan lebih formal. Saat ini banyak customer kami yang membuat jas dengan tipe lapel ini terutama untuk acara wedding karena selain terlihat formal, juga terlihat lebih fashionable.

Dari sisi manfaatnya untuk postur tubuh, lapel ini dapat membantu orang yang ingin mendapatkan kesan lebih tinggi. Peak lapel ini secara visual memberikan efek “elongating” dengan mengarahkan mata kita ke atas ke arah bahu, yang juga memberikan kesan lebih ramping / slim. Jadi orang yang postur badannya lebih gemuk mungkin bisa menggunakan jenis lapel ini untuk membantu memberikan kesan slim.

Tidak sedikit dari customer yang membuat tipe lapel ini untuk acara wedding, karena setelah wedding maka jas nya masih dapat dipakai untuk acara semi formal seperti makan malam, pesta keluara besar, pesta pernikahan teman dll..

3. Shawl Lapel
Lapel ini ditandai dengan lengkung yang membulat, tanpa ada sudut ditengahnya, tidak seperti 2 jenis lapel sebelumnya. Shawl lapel adalah tipe lapel yang umum dijumpai pada tuxedo yang biasanya dikenakan pada acara – acara malam penghargaan yang memerlukan kesan formal.

Bentuk jas dengan lapel ini menandakan jas yang formal klasik dan evergreen. Lapel ini tidak sesuai ketika digunakan untuk acara – acara semiformal / kantoran.

Misalkan: anda tidak cocok menggunakan jas dengan shawl lapel ketika menghadiri acara pernikahan, dimana pengantin pria nya menggunakan jas dengan notch / peak lapel (penampilan pengantinnya “kebanting” dengan penampilan anda), jadi memang tipe shawl ini menduduki kelas yang paling tinggi dalam hal formalitasnya.

Dikarenakan bentuk lapel ini lebih membulat, maka kurang pas ketika lapel ini dibuat untuk orang dengan wajah yang cenderung membulat atau postur badan yang agak membulat / gemuk krn akan memberikan efek lebih “fat” / gemuk.

Shawl lapel cocok sekali digunakan ketika acara anda adalah acara formal, seperti pernikahan di hotel berbintang dan banyak tamu berkelas yang hadir, akan tetapi lapel ini biasanya tidak menjadi pilihan bagi mereka yang memperhitungkan nilai jas untuk jangka panjang, karena jas dengan lapel ini otomatis akan jarang digunakan karena tidak dapat digunakan untuk acara semiformal seperti kantoran / bisnis.

Setelah anda mengetahui tentang apa itu lapel dan 3 tipe lapel yang paling banyak dijumpai, maka anda bisa lebih menyesuaikannya dengan karakter anda… Apakah anda ingin tampil dengan lebih modis (peak lapel) atau ingin model yang formal klasik (tuxedo).

Alangkah baiknya ketika anda membuat jas, anda sudah mengetahui hal ini sehingga anda bisa lebih memanfaatkan jas anda secara maksimal.

Anda akan merasa “value for money” ketika anda tahu bahwa jas yang anda beli ini masih dapat dipakai kembali di acara – acara selanjutnya (jas dengan notch & peak lapel), namun sebaliknya tidak apa – apa juga ketika anda memang sudah mengalokasikan budget khusus untuk jas pernikahan anda, dan hanya sesekali pakai saja dengan tujuan utama untuk mendapatkan tampilan yang berkelas.

Pilihan berada di tangan anda, tugas kami adalah memberikan informasi dan panduan yang tepat sehingga anda mengeluarkan budget yang “pas di kantong” dan mendapatkan hasil yang maksimal & sangat puas tentunya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda ya. Nantikan tips – tips bermanfaat lainnya dari kami untuk anda di website ini. Salam, Vincent Lee.

myadmin
 

Click Here to Leave a Comment Below 0 comments